Jumat, 01 Juni 2012

CARA MEMBUAT DREAM BOOK


Jika anda telah menuliskan secara spesifik & detail apa yang hendak dicapai nanti di dalam buku impian anda , Selamat Anda adalah kelompok 3% orang yang berhasil menuliskan goal/tujuannya. Pernah ada penelitian yang meneliti kekuatan dari goal yang tertulis. Menurut penelitian, dalam satu kelas  sekolah diberi tugas menuliskan goalnya apa yang akan dicapai dalam kehidupannya, ternyata ada 3% anak yang menuliskan goalnya dan 97% sisa dari mereka tidak menuliskan goalnya, kemudian setelah 30 tahun,penelitian tersebut berlanjut, diteliti lagi anak-anak yang dulu yang pernah menuliskan goalnya dan tidak menuliskannya, anak yang menuliskan goalnya tersebut yang hanya 3% tadi lebih sukses dari pada anak yang 97%. Setelah diteliti lagi jumlah  kekayaannya jika digabungkan, anak yang 3% tersebut  melebihi kekayaan dari  jumlah total kekayaan yang digabungkan anak yang tidak menuliskan goalnya. Jadi total kekayaan anak  3% melawan total kekayaan anak 97%, dan yang 3% ini menang.
Pernah ada penelitian lagi, bahwa uang yang beredar didunia ini dikuasai tidak lebih  dari  5% orang dari  jumlah penduduk didunia. Jadi memang orang-orang yang berhasil tersebut adalah orang-orang yang minoritas yang mempunyai dedikasi dan tujuan yang  jelas dalam hidupnya.
Bagaimana dengan anda? Sudahkan membuat dan menuliskan goal anda dengan jelas? Inginkah anda menjadi anak yang 3% tadi?
Setelah menuliskan goal , kita tinggal selalu me review goal yang telah ditulis. Untuk mempercepat pencapaian dari goal tersebut , ada beberapa cara yang biasanya dilakukan, yakni belajar/bekerjasama dengan orang yang telah mencapai di posisi tersebut. Selain itu kita dapat juga membuat wish-list, atau daftar harapan di tahun 2012 ini. Daftar ini dibuat secara tertulis dan alamatkan kepada diri sendiri dan tuhan kita, agar daftar ini dapat dipenuhi oleh alam semesta ciptaan tuhan. Dan yang paling kami sukai adalah membuat vision book, atau buku visual untuk mengingatkan kita kepada impian-impian yang harus kita capai dalam tahun ini.
Menurut penelitian lagi, bahwa visualisasi memberikan  dampak positif dalam kehidupan nyata sebesar 7 kali, jadi jika kita melakukan visualisasi apa yang kita ingin capai sebanyak 1  jam, maka kegiatan ini berdampak positif sama-halnya kita melakukan di kegiatan/usaha  nyata kita sebanyak 7 Jam.Perlu diingat bahwa alam bawah sadar kita tidak dapat membedakan antara pengalaman nyata dengan pengalaman yang kita visualisasikan. Alam bawah sadar kita tidak dapat membedakan apakah kita mengingat kejadiannya, apakah seolah-olah telah terjadi apa yang kita inginkan atau apakah kejadian itu telah menjadi nyata.
Berikut ini adalah contoh  buku impian ( visual book )  yang telah kami buat :
Dream Big Visual Book
Bagaimana mendesain buku impian tersebut?
1. Sebelum membuat buku impian lebih baik kita cari clarity dari diri kita, apakah tujuan dan gairah kita dalam hidup ini? Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang perlu kita jawab bersama :
- Kapankah waktu saya merasa sangat hidup dan bergembira? buatlah daftar kejadian yang telah kita alami, saat dimana kita merasa sangat bergembira dan apa yang membawa kita menjadi gembira sampai saat itu. Setelah kita buat daftar mari kita jawab pertanyaan dibawah ini :
a. Apa bakat alami saya
b. Apa keterampilan & bakat terbesar saya
c. Apa yang saya senang lakukan
d. Kapan saya merasa sangat hidup
e. Gairah apa yang terbesar dari saya
f. Apa yang membuat kegembiraan dalam hidup saya
g. Kapan saya merasa sangat baik dalam hidup saya
h. Apa kekuatan dan karakteristik  diri saya
i. Apa yang orang lain sering katakan terhadap diri saya
j. Saat yang bagaimana saya nyaman  berhubungan dengan orang lain?
k. Apa yang ingin saya rubah di dunia ini jika saya mampu?
Setelah Semua pertanyaan diatas terjawab, saatnya kita simpulkan menjadi 2 -3 kalimat yang  menggambarkan akan tujuan hidup diri kita. Setelah kita buat kalimat  tersebut, maka kita tahu siapa diri kita, dan mau apa dan kemana dalam hidup ini. Hal tersebut merupakan cara membuat visi dan misi tentang hidup yang akan kita jalani.
Setelah mengerti tujuan hidup kita maka saatnya kita memperjelas impian-impian yang ingin kita capai.  Ada 7 area kunci Goal/ Tujuan  dalam hidup ini yang  dapat mempengaruhi hidup kita, yakni :
1. Goal Pribadi, adalah sesuatu yang ingin kita miliki, apa menjadi apa
2.Relationship, adalah bagaimana hubungan kita bersama pasangan kita, keluarga, teman, kerabat dll
3. Kebugaran & kesehatan tubuh, adalah  keinginan kita untuk sehat, bagaimana berat badan ideal kita, bentuk tubuh kita
4.Karier dan pendidikan, adalah bagaimana pekerjaan kita,sekolah kita, rencana jabatan kita
5. Rekreasi, adalah apa yang ingin kita kunjungi saat berlibur, olah raga favorit saya, hobi saya yang ingin ditekuni
6. Keuangan, adalah berapa penghasilan yang ingin kita capai, berapa tabungan kita, berapa investasi kita
7.Kontribusi kepada masyarakat, adalah apa yang saya ingin sampaikan kepada masyarakat secara cuma-cuma,perbuatan baik apa lagi yang ingin saya lakukan
Setelah mengerti ke 7 area goal dalam hidup ini, maka kita selalu fokus ke hal yang positif, jangan berfokus kepaa hal-hal yang tidak kita inginkan, semisalnya saya tidak ingin keluarga saya berantakan, dari pada menulis kata tersebut lebih baik kita ganti saya ingin keluarga saya harmonis sampai akhir hayat. Selalu fokus ke kata-kata yang positif, karena alam bawah sadar kita tidak mengenal kata tidak.
Langkah selanjutnya,mari kita buat 101 goal/tujuan yang akan kita capai. Pilih dari 101 goal tersebut yang akan kita prioritaskan dicapai di tahun 2012 ini. Pilih goal tersebut masing-masing satu di area kunci hidup kita.
Setelah memilih goal tersebut cari gambar yang menginspirasi diri kita akan goal yang kita akan capai. Silahkan ke google picture, atau flixr untuk mencari gambar-gambar yang menginspirasi untuk mencapai goal yang kita tuliskan.
Setelah gambar tersebut dipilih maka, cetaklah gambar tersebut menggunakan kertas foto, setelah jadi gambar tersebut dipotong sesuai keinginan. Tempelkan gambar tersebut di buku impian kita. Buku impian dapat kita buat ukuran dobel folio. Tempelkan gambar2 yang sesuai apa yang kita ingin capai. jangan terlalu banyak gambar. Setelah gambar ditempel, silahkan pilih kata-kata yang mengispirasi untuk ditempelkan bersama foto-foto tersebut. Pilihlah quote dari tokoh yang kita idolakan. Tempelkan juga barang kenangan yang mengingatkan diri kita akan kegembiraan yang pernah kita capai, pertimbangkan juga untuk menempel foto diri kita atau keluarga kita agar menyatu dalam buku impian kita.
Setelah selesai menempelkan foto dan semua kata-kata yang menginspirasi diri kita, tinggal saatnya kita menggunakan buku impian kita tersebut. Berikut ini tips agar buku impian kita berguna :
- Seseringmungkin melihat dan merasakan inspirasi dari gambar dan kata yang kita buat di buku impian kita
- Pegang di tangan anda,dan bayangkan bahwa semua itu telah menjadi nyata
- Baca tulisan dan afirmasi yang ditempel dalam buku tersebut secara keras
- Bayangkan dan lihat dirikita hidup seperti dalam buku impian kita
- Rasakan diri kita hidup seperti dalam masa depan yang telah kita rencanakan
- Percayalah, semua yang ada dalam buku itu memang milik kita
- Berterimakasihlah tentang semua yang telah ada dalam hidup kita saat ini.
- Perhatikan goal-goal yang telah kita capai
- perhatikan perubahan yang telah terjadi
- Perhatikan kehadiran tuhan dalam diri kita
- Perhatikan hukum Tarik menarik telah bersama kita
- Selalu lihat dan perhatikan buku impian tersebut saat mau tidur dan bangun dari tidur kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar